5 Kesalahan Dalam Membuat Blog Perusahaan

 Bisnis Online

Sebuah blog dipilih pelaku usaha karena media ini cukup efektif untuk mempromosikan produk dan jasa mereka serta mampu mendongkrak traffic kunjungan dengan baik

Mempromosikan perusahaan melalui dunia maya, tentunya bukan perkara baru lagi bagi sebagian besar pelaku usaha. Perkembangan informasi dan internet yang semakin hari semakin pesat, ternyata mendorong para pelaku usaha untuk mempromosikan bisnisnya melalui berbagai macam situs online, misalnya saja dengan membuat sebuah blog untuk mempromosikan perusahan yang mereka jalankan.

Sebuah blog sengaja dipilih para pelaku usaha, karena media ini dinilai cukup efektif untuk mempromosikan produk maupun jasa mereka serta mampu mendongkrak traffic kunjungan dengan baik. Melalui fasilitas-fasilitas yang tersedia, para blogger bisa menginformasikan berbagai macam informasi menarik tentang perusahaannya dan lebih mendekatkan diri dengan para calon konsumennya. Tidaklah heran bila sekarang ini hampir semua pelaku usaha mencoba memaksimalkan pemasaran bisnisnya melalui media online tersebut.

Nah, sebelum Anda tertarik untuk ikut terjun langsung mempromosikan perusahaan melalui media blog. Berikut ini kami informasikan 5 kesalahan dalam membuat blog perusahaan, yang sering dilakukan para pelaku usaha.

1. Perencanaan yang kurang matang
Terkadang para pelaku usaha tidak merencanakan dengan matang strategi promosi online yang akan mereka jalankan. Hal inilah yang membuat tujuan promosi kurang jelas, dan pembuatan blog perusahaan pun menjadi kurang maksimal. Contohnya saja hanya memanfaatkan blog gratisan, menganggap remeh peranan sebuah blog, dan menganggap kegiatan blogging itu bisa dilakukan dengan mudah. Sehingga blog perusahaan tidak dikelola dengan baik, dan kontennya pun kurang menarik para konsumen.

2. Konten yang kurang menarik
Sebagian besar blog perusahaan hanya menyajikan konten tentang seluk-beluk perusahaan, tentunya blog semacam ini kurang menarik di mata para konsumen. Sehingga banyak konsumen yang merasa bosan mengunjungi blog tersebut dan pada akhirnya berimbas pada traffic kunjungan yang relatif kecil. Untuk menyiasati kesalahan seperti itu, sebaiknya variasikan informasi yang Anda publish pada blog perusahaan. Misalnya saja memberikan berita-berita ringan, berbagi tips yang bermanfaat, serta memberikan informasi tentang perkembangan perusahaan dengan gaya bahasa yang bersahabat.

3. Pengelolaan yang belum maksimal
Kesalahan ketiga yang sering dilakukan pelaku usaha yaitu kurang konsisten dalam mengelola blog perusahaan. Mereka menjadikan blog perusahaan sebagai project sampingan, sehingga pengelolaannya juga dikerjakan di sela-sela kesibukan mereka. Kondisi inilah yang menjadikan blog perusahaan terkesan kurang profesional, karena konten yang dipublish belum bisa rutin dan terkesan sepi dari aktivitas perusahaan. Untuk mengatasinya, sebaiknya tunjuk orang-orang khusus untuk mengelola blog tersebut secara maksimal. Mulai dari mengisi konten secara rutin, melayani interaksi  atau komentar konsumen dengan baik, hingga melakukan promosi blog ke berbagai forum online.

4. Gagal membangun jaringan bisnis
Ketika memutuskan untuk membuat blog perusahaan, tentunya pelaku usaha memiliki tujuan utama untuk menjaring link atau partner kerja sebanyak-banyaknya. Namun, sayangnya sampai hari ini tidak semua pelaku usaha berhasil membangun jaringan bisnis. Kurangnya aktivitas blogging menjadi salah satu faktor kegagalan dalam membangun jaringan bisnis. Karena itu, sebaiknya mulailah dengan aktivitas blogging secara rutin, menjalin komunikasi dengan pelaku bisnis lainnya dan menggunakan fasilitas tukar link untuk memperluas jaringan bisnis yang Anda miliki.

5. Strategi promosi blog yang masih pasif
Para pelaku usaha cenderung pasif dalam mempromosikan blog perusahaan dan memilih menunggu para konsumen yang datang mengunjungi blog mereka. Strategi inilah yang sebenarnya kurang efektif, sehingga keberadaan blog perusahaan tersebut belum diketahui banyak orang. Maka dari itu, cobalah untuk sedikit lebih aktif dan mempromosikan blog Anda melalui berbagai situs media online. Contohnya saja melalui situs jejaring sosial (facebook dan twitter) yang sekarang ini sedang marak di kalangan masyarakat, aktif di forum-forum online, memasang iklan baris dan iklan banner yang gratisan maupun berbayar, serta masih banyak lagi strategi promosi lainnya yang bisa Anda jalankan untuk mempublikasikan blog perusahaan.

Semoga informasi tips bisnis online pada pekan ini bisa memberikan banyak manfaat bagi para pembaca dan membantu para pemula yang tertarik menekuni bisnis di dunia maya. Manfaatkan perkembangan internet sebaik-baiknya, dan dapatkan untung besar setiap bulannya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.

Sumber gambar :

1. http://www.charmcitylawyer.com/wp-content/uploads/2012/01/Blog-Blocks-01-01-12.jpg

2. http://img01.salingsilang.com/salingsilang.com/uploads/2011/07/blogging-tips.jpg

Sumber : http://bisnisukm.com/

Advertising Surabaya

Author: 

Related Posts

Leave a Reply