5 Cara Meningkatkan Nilai Tambah Toko Online

 Bisnis Online

Persaingan pasar di ranah maya yang kian meningkat, mendorong para pemilik lapak online untuk selalu melakukan pembaharuan untuk menarik minat calon konsumen.

Persaingan pasar di ranah maya yang semakin hari kian meningkat pesat, mendorong para pemilik lapak online untuk selalu melakukan pembaharuan untuk menarik minat calon konsumen. Mengingat sesuatu yang baru selalu mengundang daya tarik calon pembeli, maka wajib hukumnya bagi setiap penjual online untuk berusaha meng-update atau memperbarui toko online miliknya agar bisa mendatangkan banyak pembeli.

Sebab bagi para konsumen, toko online yang pasif dan jarang memperlihatkan aktivitas pembaharuan, dianggap sebagai website toko online yang tidak terawat dan tidak menutup kemungkinan bila mereka akan memberikan kesan buruk terhadap situs tersebut. Karenanya agar para konsumen tak meninggalkan lapak toko online Anda, mari kita simak bersama 5 cara meningkatkan nilai tambah toko online di mata para konsumen.

Aktif berpromosi

Selain untuk mendongkrak penjualan produk di website toko online Anda, aktivitas promosi juga dapat digunakan sebagai salah satu alat untuk memperbarui situs tersebut. Meski begitu, Anda tidak perlu melakukannya setiap waktu. Para penjual bisa melakukan aktivitas promosi secara berkala melalui media sosial, memasang banner di homepage situs toko onlinenya, mengirimkan email maupun sms marketing secara personal kepada pelanggan, atau bisa juga memanfaatkan momen-momen spesial seperti misalnya Hari Raya Idul FItri, Natal, tahun bahu, Hari Ulang Tahun (HUT) Indonesia, atau musim libur sekolah untuk memberikan diskon khusus bagi para pelanggan setia.

Jangan lupakan inovasi

Dengan memberikan inovasi baru pada toko online yang Anda miliki, maka para pengunjung akan memahami bahwa Anda terus melakukan pembaharuan untuk meningkatkan kenyamanan dan kepuasan para pelanggan. Yang dimaksudkan inovasi disini bisa diartikan sebagai produk-produk baru atau sistem pelayanan baru yang memancing calon konsumen untuk mengeksplor website toko online yang Anda miliki. Kendati demikian, dalam bereksperimen jangan lupakan benang merah dari bisnis toko online Anda.

Memberikan tampilan baru

Tampilan atau desain website yang baru juga bisa meningkatkan nilai tambah sebuah toko online. Melihat desain yang baru, tidak menutup kemungkinan bila konsumen akan terdorong untuk masuk ke situs toko online Anda dan melakukan transaksi pembelian setelah meresa yakin dengan kualitas toko online yang Anda miliki. Karena itu sebagai seorang pemilik toko online, terkadang Anda perlu memposisikan diri sebagai konsumen. Dengan begitu, Anda \ bisa merasakan apakah desain atau tampilan situs online yang Anda buat  sudah cukup menarik dan memudahkan konsumen dalam bertransaksi.

Menampilkan fitur yang dinamis

Agar konsumen Anda merasa nyaman berlama-lama di toko online Anda, tidak ada salahnya bila Anda menampilkan fitur atau fasilitas yang dapat diatur sesuai keinginan mereka. Meskipun ini terbilang sepele, namun bisa memberikan nilai tambah di mata para konsumen sehingga mereka tidak merasa bosan ketika mengeksplor toko online yang Anda miliki. Contohnya saja seperti banner pengumuman promo yang bisa berubah-ubah tanpa harus di-klik oleh para konsumen atau apabila  harus di-klik maka pengunjung akan diantar ke sebuah halaman yang berisi penjelasan lebih lengkap tentang pengumuman tersebut.

Kehadiran Anda sebagai pemilik toko online

Walaupun di toko online semuanya bisa dikerjakan oleh mesin, namun konsumen juga membutuhkan kehadiran Anda sebagai pemilik toko online. Untuk itu Anda bisa mencantumkan fitur chatting online, nomor telepon yang bisa dihubungi, atau PIN BB yang bisa mendekatkan calon konsumen dengan penjualnya. Melalui fitur tersebut, konsumen bisa bertanya-tanya seputar produk yang Anda pasarkan sebelum mereka akhirnya memesan barang tersebut.

Nah, setelah mengetahui kelima poin penting di atas, selanjutnya giliran Anda sebagai penjual untuk memperbaharui situs toko online yang dimiliki dan mendatangkan banyak pembeli setiap harinya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :

1. http://musicvideogamer.com/wp-content/themes/shopperpress/thumbs/internet-shopping.jpg

2. http://www.aloevita.info/attachments/Image/header-banner-onlineshop-uk.jpg?template=generic

Sumber : http://bisnisukm.com/

Advertising Surabaya

Author: 

Related Posts

Leave a Reply